Langsung ke konten utama

Tethering - An Introduction

Sebagian orang tidak mengetahui apa itu tethering, kelebihan dan kekurangannya. Jadi semoga saja dengan blog ini dapat membantu membuka mata #dikiraTidurKaliYa. :P




1. What - Apa sih sebenanrnya tethering itu?
Tethering adalah menggunakan smartphone atau data enabled device (device yang mampu memberikan layanan minimal berupa text messaging atau akses Web) lainnya sebagai modem atau router sehingga kita bisa mengakses internet menggunakan device-device yang tidak dapat melakukannya, seperti tablet atau laptop.

2. How - Bagaimana melakukan tethering?
Banyak device sudah mensupport tethering, seperti Windows Phone 7, Windows Mobile 6.5, Android (minimal versi 2.2), iOS (3.0 keatas), dll.
Tetehering dapat dilakukan dengan menghubungkan device yang mendukung tethering dengan device yang tidak memiliki koneksi, melalui wireless LAN (WiFi), dengan Bluetooth, atau dengan kabel, seperti USB, tergantung dari device yang membagikan koneksi.

3. Ups - So, keunggulan menggunakan tethering apaan?
Saya rasa ini sudah cukup jelas,
Kita dapat mengakses internet di saat-saat device kita, misal laptop, tidak mendapatkan koneksi internet (tidak ada WiFi, kabel LAN, dll).
Bisa saja kita harus mengirimkan lampiran file di saat itu juga, tapi tidak ada WiFi gratis, kan bisa ribet tuhh. Nah, dengan tethering, kita tinggal menghubungkan smartphone kita denga laptop kita, kirim, beres dehh.

4. Downs - Kerugiannya apa?
Tentunya segala sesuatu memiliki kekurangan, kekurangan tethering adalah sebagai berikut:

  • Menguras baterai smartphone
  • Harus bayar lebih untuk pulsa, atau semacamnya.

Itu yang sudah saya alamin, ada juga yang berdasarkan referensi lain katanya juga yang sebagai berikut:

  • Panggilan telpon bisa jadi tidak dimungkinkan
  • Koneksi internet lebih lambat dibandingkan dengan WiFi atau LAN biasa.

Ok, semoga bisa memberikan pencerahan tentang teknologi yang sebenarnya sudah cukup lama ada, mungkin sejak tahun 2002 atau sekitar tahun segituan. Thx atas perhatiannya gans. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.