Langsung ke konten utama

Android Tutorial - Konfigurasi OpenCV di Eclipse ADT

Halo semua, saya ingin share tahap awal dalam pengembangan aplikasi Android menggunakan OpenCV. Yap, yaitu konfigurasinya di Eclipse ADT. :)

Pertama-tama, pastikan ADT dan JRE kalian sudah terinstall dengan benar (PATH sudah di-set, dll). Kalau belum, silahkan download, install, konfigurasi, dll gans :)

Untuk menjalankan OpenCV pada Android, pastikan Android SDK untuk API 11 dan 8 sudah terinstall. Why? Silahkan baca referensi ini.

Kemudian download OpenCV for Android, terserah mau versi keberapa, kalau saya menggunakan yang 2.4.0, dan ekstrak pada directory, terserah dimana,. Ini link download-nya.

Jalankan Eclipse kalian. Pada Package Explorer, klik kanan kemudian pilih Import - Existing Android Code Into Workspace - Next. Pada Root Directory, pilih Browse, cari folder utama OpenCV for Android SDK yang sudah kalian download dan ekstrak. Sesudah itu centangkan OpenCV-2.4.0, sisanya terserah mau di centang atau tidak, itu kurang lebih contoh-contoh source code untuk bekerja denga OpenCV.





Pada OpenCV 2.4.0 ini mengandung library-library yang penting. Projek ini harus ada di Package Explorer Eclipse kalian setiap kali kalian ingin mengembangkan aplikasi Android dengan OpenCV.

Hal yang terbaik yang dapat terjadi bahwa ketika kalian memasukkan sample-sample dan tutorial-tutorial-nya juga adalah bahwa tidak ada error atau semacamnya. Tapi kadang bisa juga ada error yang timbul, kalau ini terjadi, yang dapat kalian lakukan adalah:

1. Klik Project - Build All (Ctrl+B), atau

2. Klik kanan pada sample atau tutorialnya, kemudian pilih Android Tools - Fix Project Properties.

Sampai sini saja mungkin, semoga bermanfaat ya :)







Komentar

  1. nice info. makasih :)
    nanya dong... kalau mau pake library native dari OpenCV gimana caranya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau itu setahu saya harus menggunakan NDK :)

      Hapus
  2. Yahuut Bang,, thx bgt tutorialnya.. ngebantu banget buat PPCD.. Hhha

    BalasHapus
  3. udah gw coba bang, ga ada error, cuma ada 2 warning di manifest, pas di run di gadget, masih Unfortunately stoped.. itu kenapa y?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.