Langsung ke konten utama

Membuat Signed APK untuk Publikasi ke Play Store

Setelah membuat aplikasi Android, hal berikutnya adalah persiapan publikasi aplikasi ke Play Store. Salah satu syarat untuk mempublikasikan aplikasi kita adalah bahwa kita harus menyediakan fail .apk yang sudah ditandatangani (signed apk). Hal ini dilakukan agar misalnya ketika kita mengupdate aplikasi, Google tahu bahwa aplikasi itu milik kita (asalkan tanda tangannya masih sama).

Membuat signed apk di Android Studio sangatlah gampang. Ikuti saja cara-cara berikut ini:


Klik Build > Generate Signed APK


Isikan isian sesuai dengan yang kalian inginkan, namun saya sarankan keystore aplikasi kalian disimpan di dalam folder projek aplikasi kalian. Saya sarankan juga kalian harus menyimpan dan mengingat password dan keystore kalian. Kalau lupa atau kehapus secara tidak sengaja, kalian tidak bisa update aplikasi di Store kalian.

Generate Signed APK Wizard
Generate Signed APK Wizard
Memilih Keystore
Memilih Keystore

Klik Next 


Di sini kalian pilih direktori APK yang sudah ditandatangani tersebut akan dibuat. Untuk publish aplikasi di Play Store, pastikan Build sudah di-set pada release

Klik Finish


Sudah deh, Android Studio akan langsung men-generate signed apk aplikasi kalian. Ketika sudah selesai, silahkan klik Show in Explorer untuk melihat signed apk kalian. Jika sebelumnya sudah ada signed apk di direcktori tersebut dan belum terupdate, coba pindah direktori atau pindahin signed apk yang lama ke direktori lain dan ulangi lagi proses pembuatan apk-nya.

Selamat mempublish aplikasi kalian ;)

Signed APK successfully generated
Signed APK successfully generated



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.