Langsung ke konten utama

Windows 8 C#/XAML Tutorial - Membuat Aplikasi Support Berbagai Macam View


Halo semuanya, sudah lama nihh g nongol d blog ane.

Hari ini saya ingin share ilmu baru dalam bidang pembuatana aplikasi Windows 8 dengan C#/XAML. Ok langsung saja. Salah satu syarat suatu aplikasi Windowd 8 lolos masuk ke Store adalah bahwa aplikasi yang kita buat men-support berbagai View yang ada pada Windows 8, yaitu  Full (yang biasa kita lihat), Snapped (ketika kita drag ke samping), dan Filled (ketika ada aplikasi lain berada dalam kondisi Snapped).




Untuk tutorial ini saya bikin sample saja, jadi kalian tidak usah mengikuti. Di sini saya membuat sebuah projek baru, dan saya namakan halamannya ViewsSample (dengan template Basic Page). Saran saya untuk tahap design dalam Snap View dan Filled View adalah dengan menggunakan Blend. Saya buat sebuah TexBlock dengan ukuran Font yang cukup besar, dengan Text=”Hello, Full View”. 


Secara default, apapun yang kita buat akan menjadi tampilan Full View. Nah, sekarang buka Device Properties, di situ akan bisa dilihat tampilan aplikasi kita pada Snap View, dll.



Pilihlah Snap View, dan tampilan inilah yang akan terlihat ketika sample dijalankan dalam bentuk
Snap View.



Sekarang klik Enable state recording, kemudian drag dan resize textblocknya seperti ini, plus ubah Text-nya menjadi “Hello, Snapped : )”.


Ok, non-aktifkan  Enable state recording-nya dan tekan Ctrl+F5 biar lebih cepat. Inilah yang kita dapatkan.





Gampang bukan bikin Snap View dengan C# XAML? : )

“Lho ini kan baru XAML, C# mana?”.

Slow gan, ane simpan itu pas di Filled View.

Balik lagi ke Blend, kliklah tombol Filled, maka ini lah hasilnya.



Fine-fine saja kalau dari sisi posisi, tapi konten? Kurang enak dehh kayaknya ; ). Mari kita buat kodingannya untuk itu. Balik ke VS 2012 gans n buka code-behind filenya. Tapi sebelumnya beri nama textblock kita tadi dengan nama text agar bisa dipanggil lewat C#.

Tambahkan namespace Windows.UI.ViewManagement agar kita bisa ngotak-ngatik View apps kita lewat  kode C#. Kemudian tambahkan kode ini dalam class ViewSample kita.




Maksud dari kode tersebut adalah ketika aplikasi kita ke halaman ViewSample, kita siapkan fungsi ketika ukurannya berubah. Kemudian fungsi yang kita buat diatas artinya ketika View yang sedang aktif adalah Filled View, maka Text property dari textblock text kita akan menjadi “Hello, Filled ; )”. Tekan Ctrl+F5
untuk mecobanya, dan hasilnya adalah…



Nahh, sudah dehh, segampang itu buat bikin Filled View dengan C#. Mungkin itu saja yang ane share di postingan ini, kalau ada pertanyaan, Tanya saja di komen biar orang lain juga bsia belajar dari pertanyaan ente, tak terkecuali ane. Thx everyone, n keep practicing, keep sharing. ; )







Komentar

  1. Saran: salah pengetikannya diperbaiki.
    Biar lebih enak aja dibacanya.

    Nice article :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.