Langsung ke konten utama

GIMP Tutorial - Membuat Islamic Background Tile

Postingan kali ini saya ingin share sesuatu yang sangat sederhana dan gampang. Kita akan membuat background tile yang islamic menggunakan GIMP. Contohnya seperti gambar-gambar di bawah ini.. :)


islamic tile background example

islamic tile background example

Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini gan :)

  1. Klik File - New.
  2. Ukurannya terserah berapa, tapi usahakan kurang dari 512x512px, klw tidak langkah-langkah berikutnya tidak bisa dijalankan. Di contoh ini saya menggunakan ukuran 500x500.
  3. Masukkan gambar islamic, terserah seperti apa. Kalau saya seperti gambar di bawah ini
  4. Membuat Tiled Background
  5. Langkah berikutnya adalah klik Filter - Map - Make Seamless. Hasilnya adalah sebagai berikut
  6. Membuat Tiled Background 2
  7. Pilih gambar kita dengan Ctrl+A dan copy ke clipboard (Ctrl+C), kemudia buat gambar baru dengan ukuran yang berbeda, kalau saya 1333x768.
  8. Pilih Bucket Fill Tool.
  9. Set Fill Type-nya Pattern fill.
  10. Kemuda klik icon pada di bawah check box Pattern fill, dan pilih gambar yang pertama
  11. Pattern fill
  12. Kemudian klik pada gambar baru kalian. Hasilnya adalah sebagai berikut.:)
Membuat Tiled Background 3


Gimana gampang kan? Tinggal warna background dan warna tile-nya diganti sesuai dengan selera kalian :). Kalau saya hasil akhir setelah improfisasi seperti ini..

Islamic Tiled Background

Note: Biar lebih enak, ketika kita membuat gambar tile (tahap 3 dan 4), buat backgroundnya Transparent. :)






Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.