Langsung ke konten utama

Rekomendasi Music dan Sound Effect Libraries

Halo semuanya, sudah lama nih g ngepost d blog tercinta ini lagi.. Maklum, sibuk dengan tugas akhir #modus :P.

Kali ini saya ingin berbagi mengenai sumber resource yang bisa dibilang "open source". Apa itu?

Pernah g kalian mencoba bikin game, tapi stuck di sound effect, atau backsound, atau yang semacamnya gtu? Opsinya sih ada dua dalam menangani masalah ini, yaitu:

1. Bikin sendiri sound-nya, atau
2. Nyari di internet.

Untuk kali ini sih saya pengen share tentang opsi kedua.


Di internet sih sebenarnya sudah banyak sekali situs-situs yang menyediakan sound effect, musik, dll. Entah yang buat dimasukkan ke game, film pendek, dll. Namun pertanyaannya adalah:

Bagaimana masalah LICENSE (a.k.a LISENSI)-nya???

Saya yakin ada diantara kalian yang tidak ingin terlibat dalam masalah hukum pembajakan kekayaan intelektual. Bisa ribet dahh urusan yang kaya begituan.. Ya ga? ya ga?

Nah, makanya di sini saya berusaha untuk men-share beberapa situs yang menurut saya baik banget dalam memberikan sound-sound ini. Dan sound-sound-nya INSYA ALLAH legal gans :). Lisensinya pun g ribet, ada yang diberikan secara CUMA-CUMA, ada yang cuma minta kita MEMASUKKAN NAMA AUTOHOR-nya ketika kita menggunakan sound-nya, dll.

Ini dia daftarnya:

1. Opengameart.org
Situs ini merupakan situs yang berisi berbagai resource yang dapat digunakan ketika seseorang ingin membuat game. Tidak hanya dari sound effect dan musik, tetapi ada juga gambar-gambar kartun, tekstur, dan bahkan sampai tutorial. Lisensi untuk menggunakan resource dari situs ini bisa dilihat di FAQ-nya :)

opengameart.org
http://opengameart.org

Freesound.org tidak kalah hebat dari opengameart.org. Tetapi, seperti nama situsnya, dia hanya menyediakan sound-sound saja. Namun koleksinya lumayan bagus-bagus kok. Untuk lisensinya, penjelasannay bisa dilihat di sini :). Agar kita dapat men-download sound dari situs ini, kita harus menjadi member terlebih dahulu. Tapi cuman ngasih username, email, password gtu2 ko,, g ribet :)


Freesound.org
http://www.freesound.org

Mungkin itu saja dulu yang saya sampaikan di sini. Semoga bermanfaat :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.