Langsung ke konten utama

OpenCV Tutorial - Menghubungkan/Me-link OpenCV dengan CodeBlocks

Semester ini saya ditawari, dan menerima, untuk menjadi asisten praktikum salah satu mata kuliah Ilmu Komputer, yaitu Pengantar Pengoahan Citra Digital. Mata kuliah ini intinya tentang , kalau saya mengutip dosen koordinator sekaligus pembimbing akhir saya, bagaimana kita membuat komputer “melihat”. Mungkin akan saya post tentang mata kuliah ini lain kali :p.

OpenCV
Sumber: http://en.wikipedia.org
Yang sebenarnya ingin saya post sekarang adalah tentang menginstall dua software yang digunakan dalam praktikum ini. Yaitu OpenCV (Open ComputerVision) dan CodeBlocks. Versi yang saya gunakan di praktikum ini adalah OpenCV 2.2 dan CodeBlocks 12.11. Untuk CodeBlocks bisa Anda download di sini. Untuk OpenCV bisa diunduh di sini.


Perlu diperhatikan bahwa banyak installer OpenCV memiliki isi folder directory yang berbeda-beda. Maka dari itu, jika Anda ingin mengikuti tutorial ini, silahkan unduh dari link ini.

Ok, jika Anda sudah download semuanya, silahkan saja diinstall seperti biasa. Yang perlu diingat adalah bahwa ketika Anda mengisntall OpenCV, centang opsi Add OpenCV to the system path for all users, atau semacamnya.Selanjutnya tinggal Next, next, ampe install/finish saja.

Add OpenCV to the system path for all users
Add OpenCV to the system path for all users
Nah, sekarang di CodeBlocksnya, ikuti langkah-langkah ini (asumsi: direktori instalasi OpenCV: C:\OpenCV2.2):

  1. Klik Settings,
  2. Pilih Compiler...,
  3. Pilih tab Linker settings,
  4. Klik Add,
  5. Pergi ke direktori C:OpenCV2.2\lib, pilih semua yang ada di dalam folder itu (Ctrl+A), Klik Open,
  6. Linker settings, OpenCV+CodeBlocks
    Linker settings, OpenCV+CodeBlocks
  7. Pilih tab Search directories,
  8. Di dalam tab Search directories, pilih tab Compiler,
  9. Klik Add
  10. Tambahkan directory:
  11. C:\OpenCV2.2\include, C:\OpenCV2.2\include\opencv, C:\OpenCV2.2\include\opencv2
    Search directories - Compiler, OpenCV+CodeBlocks
    Search directories - Compiler, OpenCV+CodeBlocks
  12. Di dalam tab Search directories, pilih tab Linker,
  13. Klik Add,
  14. Tambahkan directory:
  15. C:\OpenCV2.2\lib
    Search directories - Linker, OpenCV+CodeBlocks
    Search directories - Linker, OpenCV+CodeBlocks
  16. Restart OpenCV (colse/tutup terus buka lagi).
Sudah, harusnya sekarang OpenCV sudah bisa digunakan di CodeBlocks. Sekian saja dari saya kali ini, terima kasih ;)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.