Langsung ke konten utama

Google Drive Add-ons

Belum lama ini, Google memperkenalkan add-ons untuk pengguna Google Docs dan Google Sheets. Add-ons ini bermanfaat untuk memperluas kapabilitas dari Google Docs dan Sheets, seperti menulis bibliografi, membuat Table of Contents, dan masih banyak lagi tentunya.

Google Drive Add-Ons
Google Drive Add-Ons
Sumber Gambar: lifehacker.com 

Kali ini saya ingin berbagi daftar-daftar add-ons yang menurut saya menarik, dan jika Anda sependapat, silahkan saja dicoba ;)


1. Table of Contents
Ketika pertama kali saya menggunakan Google Docs untuk mengerjakan tugas kuliah saya, saya cukup terkejut menyadari bahwa Google Docs sudah tidak menyediakan fitur Table of Contents. Hal ini tentunya bisa menurunkan nilai jual produk terkenal Google ini bagi orang yang sering menuliskan karya ilmiah atau semacamnya. Namun tak perlu kecewa lagi, karena sekarang sudah ada Add-ons Table of Contents, sehingga pengguna bisa membuat daftar isi dengan gampang. Jika Anda kebingungan bagaimana membuat daftar isi di paper Anda menggunakan Add-ons ini, silahkan kunjungi situs ini.

Google Addons Table of contents
Table of contents

2. MindMeister
Apabila Anda tipikal orang yang lebih nyaman melihat informasi secara visual (dengan gambar) daripada dengan text, sehingga suka membuat Mind Map, maka saya sarankan Anda memasang MindMeister untuk Google Docs Anda. Cara penggunaannya simpel, dan hasilnya juga cukup menarik.

MinMeister
MindMeister

3. Track Changes
Salah satu fitur yang mungkin diminati oleh pengguna Ms. Word adalah kemampuan Ms. Word dalam menyimpan perubahan yang dilakukan pada dokumen. Nah, sekarang pengguna Google Docs bisa menikmati fitur menarik ini dengan menginstall Track Changes.

Google Add-Ons Track Changes
Track Changes

Ok, mungkin untuk saat ini sampai situ saja dulu ya. Daftar Add-ons ini saya dapatkan dari link ini. Linknya sangat bagus, dan rekomendasi mereka juga mantap, tapi tetap ini yang saya sukai dari daftar mereka. Kalau ada lagi yang bagus mungkin akan saya update postingan ini. :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.