Langsung ke konten utama

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android


Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.

Tutorial Pemrograman Android

Masuk ke Eclipse atau ADT kalian (kalau saya menggunakan ADT).
Jalankan sebuah emulator atau Android Virtual Device (AVD). Yang perlu kalian ingat adalah bahwa emulator kalian harus memiliki ukuran memory SD CARD yang kalian tentukan sendiri ukurannya. Kalau di emulator saya seperti ini.

Ukuran SD Card Emulator  harus ada
Ukuran SD Card harus ada
Kemudian jika kalian sudah menjalankan emulator, pergi ke bagian DDMS dan klik emulator kalian yang sedang berjalan dan ingin kalian masukkan file pada tab File Explorer.

DDMS
DDMS

File Explorer Android Emulator
File Explorer

Klik pada folder sdcard, dan klik ikon Push a file onto the Device.

Push a file onto the device
Push a file onto the device
Kemudian pilih file yang ingin dimasukkan. Nah, kalau di sini sayangnya hanya bisa memasukkan file satu per satu, tidak bisa sekaligus beberapa file.

Sekarang kita ke emulator Android kita. Pada menu Android kita, pilih Dev Tools->Media Scanner. Nantinya emulator ktia akan melakukan scanning media. Jika itu sudah selesai, silahkan pergi ke Gallery, dan lihatlah hasilnya :)

Hasil
Dan kalau misalnya ingin memasukkan musik, atau .mp4, .wav bagaimana? Bisa juga kok, nih dia hasilnya

Hasil 2
Okeeeh, sampai situ saja dulu ya gan. Semoga bermanfaat, jangan lupa share tutorial ini ya :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut: