Langsung ke konten utama

Tips n Trick - Membaca Al-Qur'an

Berhubung sekarang ini sudah mendekati bulan suci Ramadhan 1435 H, saya ingin berbagi-bagi suatu tips dan trik dalam menyambut dan menjalankan ibadah di bulan suci tersebut. Sudah ketahuan dari judulnya bahwa saya ingin berbagi tentang tips dan trick membaca Al-Qur'an.


Saya yakin pembaca budiman sudah pada bisa membaca Al-Qur'an, mungkin sudah hafizh 30 juz malah (aamiin... :)). Namun, kendala yang biasa saya alami ketika bulan puasa adalah bahwa saya "kurang terpacu" dalam membaca kita suci Islam. Maksudnya apa? Saya tipikal orang yang lebih enak, lebih nyaman mengaji jika saya lakukan bersama orang lain, atau dengan kata lain, secara berjama'ah lah,, hhe..

Nah, dengan bantuan teknologi, saya menemukan alternatif jika teman-teman saya, jadwalnya berbeda dengan saya misalnya, sehingga tidak bisa ngaji bareng. Solusinya adalah, saya ngaji sekaligus mendengarkan imam/ulama ternaman mengaji. Benefit dari ini adalah saya menjadi lebih terpacu/semangat mengaji dan bisa sekaligus belajar cara ngaji yang benar dari imam/ulama.

Salah satu situs yang saya gunakan dan recommend adalah quranexplorer.com/quran/. Situs ini menyediakan fitur untuk membaca per surat, ayat, dan juz. Di sini juga ada fitur terjemahannya juga sehingga kita bisa sekaligus mengetahui arti ayat yang kita baca. Suara imam/ulama/dst yang ada di sini ada Abdul Basith, Mahmud Al-Bana, As-Sudais, dll.

quranexplorer.com
quranexplorer.com

Mungkin itu saja yang saya share kali ini, mohon maaf jika judulnya kurang sesuai dengan harapan :)


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.