Langsung ke konten utama

Pelajaran Kehidupan di Balik Hukum Newton Ke-2

Alhamdulillah akhirnya saya post juga ilmu yang ane dapat dari dosen ane. Kali ini saya ingin share tentang pelajaran hidup yang ada di salah satu rumus terkemuka di dunia, yaitu Hukum Gerak Newton Ke-2.




Semenjak kita duduk di bangku SMP, kita sudah diajarkan tentang banyak rumus yang mungkin bagi kita hanya dapat dimengerti oleh orang-orang yang sering mendapatkan nilai bagus di ujian, orang-orang yang sudah cerdas sejak lahir, atau semacamnya. Mungkin kita juga mengira rumus-rumus tersebut hanya notasi-notasi yang digunakan oleh orang-orang jenius seperti penemunya, Isaac Newton, atau mungkin parahnya hanya untuk lulus mata pelajaran di sekolah.

Tapi sebenarnya, banyak ilmu yang sebenarnya berkaitan erat dengan nilai-nilai kehidupan. Seperti misalnya rumus Hukum Kedua Newton tentang Gerak. Sebenarnya, di balik notasi-notasi dan operasi aneh tersebut, mengandung suatu pelajaran yang penting untuk kita. Mari kita lihat.

Kita tahu bahwa rumus Hukum Gerak Newton Ke-2 adalah sebagai berikut


dimana

F : Besar Gaya (N),
m : Massa benda (kg),
a : Percepatan pada benda tersebut (m/(s^2)),

Kalau kita putar rumus tersebut, kita bisa dapat rumus seperti ini



Sekarang mari kita pandang seperti ini, Percepatan yang dialami suatu benda adalah sesuatu yang dihasilkan oleh massa benda dan gaya yang diberikan kepada benda tersebut. Kalau kita analogikan dengan kehidupan, kita bisa mengambil kesimpulan berikut ini

Apabila kita ingin memperoleh sesuatu (a), maka kita harus melakukan usaha keras (F). Semakin keras usaha kita (semakin besar gaya), maka apa yang kita peroleh juga semakin besar (percepatan semakin besar) pula.

Nah, ternyata ajaran orang tua dan guru-guru kita juga ada di lingkungan sekitar kita kan? :)
Semoga ini menjadi motivasi bagu kita untuk berusaha lebih keras dalam mencapai keinginan kita :D. Kalau ada yang salah atau yang kurang dalam penjelasan saya, mohon maaf ya, belum terlalu master kaya dosen saya hehe :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.