Langsung ke konten utama

GIMP Tutorial - Membuat Background Sederhana

Kali ini saya ingin pstong tentang bagaimana cara membuat gambar background seperti ini dengan GIMP. Caranya cukup sederhana ko, sangat sederhana malah :)



Langsung saja ya, ikuti saja langkah-langkah berikut ini
  1. Buka GIMP kalian, kemudian pilih File - New - Width: 1400 px, Height: 800 px - OK.
  2. Pilih Bucket Fill Tool (yg ikonny ember lagi nuangin gtu), pastikan Foreground color-nya hitam. Kemudian kasih pada gambar kalian sehingga berwarna hitam semua.
  3. Klik Filters - Light and Shadow - Lens Flare - kemudian atur posisi chayanya sesuka kalian, kemudian klik OK.
  4. Lakukan hal yang sama dua kali lagi, dengan posisi masing-masing cahaya berbeda-beda. Agar lebih gampang, klik Filters - Reshow Lens Flare, maka DIMP akan langsung membuka jendela Lens Flare. Hasilnya adalah seperti ini.
  5. Kemudian pilih Filters - Light and Shadow - Gradient Flare - GFlare_102, posisinya kurang lebih di tengah gambar, tapi terserah kalian juga mau dimana. Kemudian klik OK
  6. Pilih Filters - Light and Shadow - Gradient Flare - GFlare_101, posisinya sedikit di bawah yg GFlare_102. Kemudian klik OK.
  7. Pilih Layer - New Layer. Tidak usah melakukan perubahan apa-apa, tapi pastikan Layer Fill Type-nya Transparency.
  8. Ubah Foreground Colornya sehingga memiliki notasi HTML 000080. Kemudian, dengan layer kedua kita terpilih, beri warna baru tersebut pada layer kita, sehingga berwarna biru tua.
  9. Setelah itu, set Mode Layer-nya menjadi Subtract.
  10. Setelah itu hasilnya akan seperti ini.

Gampang sekali bukan? :). Silahkan dicoba-coba lagi aja kalau masih ingin bereksperimen :D

Tip : Untuk mendesain, tidak perlu terlalu "technical", yang penting itu "sense of art" #ciaelah :)





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.