Langsung ke konten utama

Tips and Tricks - Mendapatkan Student Exchange Program (1)

Setelah menjalani proses seleksi student exchange untuk program SPACE dari SAGA University, saya pengen sharing tentang bagaimana bagusnya kita menjalankan proses seleksi program pertukaran pelajar. Biar ringkas dan enak dibaca, saya pisah menjadi beberapa bagian saja ya.. :)


Jadi, yang pertama-tama yang harus dipersiapkan (sebelum adanya tawaran pertukaran pelajar) adalah:


  1. Luruskan niat kenapa kita ikut, dan apa yang akan kita lakukan setelah menjalankan program pertukaran pelajar.
  2. Perisapkan berkas-berkas yang sudah pasti akan dimintai, biasanya sertifikat/nilai TOEFL, transkrip nilai, dsb. TOEFL biasanya berlaku sekitar dua tahun, dan tidak sering diadakan yang murah-murah.  
  3. Sering tanya-tanya kepada yang sudah pernah menjalankan proses seleksi pertukaran pelajar, ke yang ahli (sudah pernah) DAN newbie (baru pertama kali). Kenapa? karena jika kita hanya bertanya kepada yang ahli, takutnya dia jawabnya "Ah, biasa aja ko prosesnya, cuman blablabla", tapi kenyataannya lebih dari itu. Penjelasan sang ahli kedengarannya sepele, tapi bagi kita yang newbie,,, engingeng.....
  4. Siapkan semacam template jawaban yang topmarketop yang bisa kita berikan ketika kita mengisi formulir atau menjawab kepada interviewer. Karena tidak semua orang bisa memberikan penjelasan yang wow dengan cepat, makanya menurut saya tahap ini penting. Biar ketika kita berhadapan dengan kertas formulir dan pewawancaranya, kita bisa menjawab dengan gampang dan cool B|. Tapiiiiii, jawabannya yang JUJUR, yang sesuai dengan diri kita ya, jangan yang lebay, jangan berbohong, jangan melakukan hal tidak baiklah.. Di internet banyak ko contoh-contoh jawaban ;).
  5. Pastikan kita punya semacam keterampilan berbau budaya yang bisa di show off di negara lain. Karena namanya student exhacnge, kemungkinan besar bakal ada semacam pameran budaya. Dan kita diharapkan bisa menampilkan sesuatu untuk tanah air tercinta #eeaaa....

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.