Langsung ke konten utama

Big Data - An Introduction

Halo semuanya, saya lagi kepengen share nihh tentang ilmu yang baru saja saya dapatkan dari salah seorang MSP Indonesia, yaitu Big Data. Konsep ini sebenarnya penting untuk diketahui jika kita ingin membangun sistem yang datanya kompleks dan ingin diakses oleh banyak orang. Untuk lebih jelasnya, baca selengkapnya ya. :D

Big Data



Big Data, yang dalam bahasa Inggris artinya "Data Besar", tidak sepenuhnya menjelaskan istilah Big Data itu sendiri (artinya bukan sekedar data yang besar saja). Big Data memiliki tiga karakteristik, yaitu:

  1. Ukuran datanya sudah mencakup PetaByte (1000 TeraByte).
  2. Keberagaman data-data yang disajikan sangat beragam, yaitu teks, gambar, video, dll.
  3. Tingkat akses data tersebut sangat tinggi. Peningkatan ini bisa karena jumlah orang, ataupun device yang mengakses data tersebut.
Contoh-contoh dari perusahaan yang menggunakan Big Data adalah Facebook dan Amazon. Jelas bahwa data-data mereka sungguh sangat banyak, beragam dan diakses oleh banyak orang di dunia. Selain dari itu, jumlah penggunanya juga semakin meningkat. Fitur-fitur juga semakin banyak.

Pemrosesan data semacam ini tentunya tidak dapat ditangani oleh hanya query-query biasa, atau metode-metode yang sederhana. Maka dari itu, demand solusi untuk Big Data ini sangat tinggi. Banyak perusahaan seperti Microsoft dan IBM sudah melakukan riset dan menawarkan solusi-solusi untuk menangani data kompleks ini. Salah satu part solution yang sudah tersedia adalah Apache Hadoop, yang berisfat free.

Tapi untuk solusinya masih banyak yang harus dilakukan riset, percobaan dll. Artinya masih dalam tahap pengembangan menuju solusi tersebut.

Ok, mungkin itu saja untuk sharing kali ini. Semoga bermanfaat dan lebih membuka wawasan ya :D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.