Langsung ke konten utama

Menginstall OpenCV 2.4.9 di Windows Menggunakan CMake dan CodeBlock

Pada postingan saya yang sebelumnya, saya share cara menginstall OpenCV 2.2 di Windows menggunakan CodeBlock. Namun, jika menggunakan versi yang lebih tinggi, yaitu 2.4.9, kita bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Akan tetapi, menginstall OpenCV 2.4.9 tidak semudah OpenCV 2.2. Ada beberapa kasus ketika menggunakan binaries dari OpenCV-nya, program yang sudah kita buat tidak bekerja alias eror. Di postingan ini, saya ingin berbagi cara menginstall OpenCV versi baru ini di Windows menggunakan CMake dan CodeBlocks.
  1. Hal pertama yang dilakukan tentunya menginstall ketiga software tersebut. Dengan menginstall CodeBlocks, Anda sudah otomatis menginstall MinGW. Untuk OpenCV, disarankan simpan di C:, sehingga hasilnya direktori C:\opencv. Untuk CMake, saya sarankan menggunakan installer .exe dan disimpan di C:\Program Files atau C:\Program Files (x86) (tergantung spek komputer Anda).
  2. Tambahkan [lokasi instalasi CMake]\bin pada System Variable Path komputer kalian. Nah, beberapa komputer butuh di restart ketika kita mengubah system variable path. Saya sarankan Anda me-restart komputer Anda.
  3. Cari dan jalankan cmake-gui.exe yang ada di folder bin CMake.
  4. Set Where is the source code ke C:opencv\sources.
  5. Set Where to build the binaries ke folder manapun yang Anda mau, tapi disarankan di C:\opencv\mingw (buat folder mingw di dalam folder opencv).
  6. Klik Configure, jika ini pertama kalinya Anda menjalankan CMake, akan diminta generator dari projeknya, set "CodeBlock - MinGW Makefiles" di dropdownnya, kemudian klik Finish. Jika Anda salah pilih, klik File - Delete Cache.
  7. Tunggu hingga proses konfigurasinya selesai.
  8. Ketika konfigurasi selesai, klik Generate, (jangan ubah kombinasi centang yang dihasilkan proses konfigurasi sebelumnya).
  9. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  10. Setelah selesai, di dalam folder C:\opencv\mingw akan ada projek OpenCV.cbp, klik dua kali untuk membukanya di CodeBlock.
  11. Pastikan terlebih dahulu kita menggunakan kompiler MinGw di CodeBlock. Pilih Setting - Compiler - Toolchain executable - pada isian compiler's installation directory, masukkan alamat direktory MinGw yang ada dalam CodeBlock komputer  kalian. (Kalau saya ada di C:\Program Files (x86)\CodeBlocks\MinGW).
  12. Ubah settingan Build CodeBlock Anda agar menginstall projeknya. Pilih menu Build - Select Target - Install.
  13. Lakukan proses Build projek. Pilih menu Build - Build, atau Ctrl+F9.
  14. Tunggu hingga prosesnya selesai, sekitar 30-60 menit.
  15. Setelah build selesai, masukkan C:\opencv\mingw\bin ke system variable path.Sekali lagi, restart komputer Anda.

Dengan binary-binary opencv sudah dibuat, kita bisa sekarang bisa menggunakan OpenCV 2.4.9. Kita hanya tinggal menghubungkannya dengan CodeBlock.

  1. Pilih menu Settings - Compiler
  2. Pilih tab Linker Settings - klik Add - pergi ke direktori C:\opencv\mingw\lib dan masukkan semua library - klik OK.
  3. Pilih tab Search directories - pilih tab Compiler - tambahkan direktori C:\opencv\build\include, C:\opencv\build\include\opencv, dan C:\opencv\build\include\opencv2.
  4. Masih pada tab Search directories, pilih tab Linker, tambahkan direktori C:\opencv\mingw\lib.
  5. Restart CodeBlock kalian.
Untuk menguji apakah sudah bisa atau tidak CodeBlock kalian menggunakan OpenCV 2.4.9, buat suatu projek console dengan C++, kemudian ketikkan kodingan berikut ini. Jangan lupa siapkan suatu gambar yang ingin ditampilkan. Di sini saya menggunakan gambar dengan nama ipb.png.


#include <iostream>"
#include <cv.h>
#include <highgui.h>
#include <cxcore.h>

using namespace std;
using namespace cv;

int main()
{
    Mat image;// new blank image
    image = imread("ipb.png");// read the file
    namedWindow( "Display window", CV_WINDOW_AUTOSIZE );// create a window for display.
    imshow( "Display window", image );// show our image inside it.
    waitKey(0);// wait for a keystroke in the window
    return 0;
}


OpenCV 2.4.9


Sumber 1, 2.




Komentar

  1. Thx tutorialnya bang, btw kok gw error pas di tahap 6 pas udah milih CodeBlock - MinGW Makefiles, "Error in configuration files" gitu bacaannya

    BalasHapus
  2. Ada beberapa kasus abis setting pathnya, harus d restart komputernya. Coba aja set pathnya abis itu lgsg restart

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.