Langsung ke konten utama

Instalasi OpenCV 2.4.9 di Ubuntu 14.10

Halo semuanya, kali ini saya ingin berbagi cara bagaimana kita menginstall OpenCV 2.4.9 di Ubuntu 14.10. Kalau misal kalian pengguna windows, kalian bisa melihat postingan saya tentang cara menginstall OpenCV 2.4.9 di Windows atau menghubungkan OpenCV (khusus 2.2) di dengan Code::Blocks.

Setelah mengotak-ngatik dan mengikuti beberapa tutorial tentang cara menginstall OpenCV 2.4.9 dari situs resminya, gagal, install ulang OS (tidak usah saya jelasin kenapa bisa sampai install ulang), akhirnya saya bisa juga menggunakan OpenCV 2.4.9 di Ubuntu 14.10.


Jika kalian menggunakan Ubuntu pada versi-versi sebelumnya, kalian bisa mencoba menggunakan tutorial ini untuk menginstall OpenCV dan dependency-dependency-nya. Akan tetapi, setelah baca tutorial oleh Dan Nguyen, ternyata ada masalah antara OpenCV dengan ffmpeg. Setelah mengikuti tutorialnya, OpenCV sudah bisa digunakan.

Itu adalah cara pertama yang saya gunakan dan berhasil. Namun ternyata ada cara lebih mudah.

Repository Ubuntu sudah menyediakan beberapa library OpenCV yang bisa digunakan untuk melakukan operasi-operasi pemrosesan citra digital. COba kalian buka Synaptic package manager (kalau belum ada, silahkan install melalui ubuntu software center) dan cari "opencv". Install-lah package-package yang ditemukan.

Synaptic Package Manager - OpenCV
Synaptic Package Manager - OpenCV

Nah, untuk membuat program pemrosesan citra digital menggunakan OpenCV, install-lah Geany. Geany adalah IDE yang kita bisa gunakan untuk membuat program C/C++ di Ubuntu. Silahkan cari dan install saja di Ubuntu Software Center.

Note: Pastikan sudah menginstall C/C++ compiler, untuk mengecek silahkan buka terminal dan ketikkan perintah g++. Jika tidak ditemukan perintah tersebut, berarti kalian belum menginstall compilernya.

Setelah menginstall Geany dan C/C++ compiler, buatlah suatu direktori untuk menyimpan program kalian.

Buatlah sebuah fail cpp dan siapkan suatu citra di dalam direktori tersebut. Masukkan kodingan berikut di dalam fail cpp yang sudah kalian buat menggunakan Geany.

#include "iostream"
#include "opencv2/imgproc/imgproc.hpp"
#include "opencv2/core/core.hpp"
#include "opencv2/highgui/highgui.hpp"


using namespace std;
using namespace cv;

int main() {
 Mat image;// new blank image
    image = imread("image.jpeg");// read the file
    namedWindow( "Display window", CV_WINDOW_AUTOSIZE );// create a window for display.
    imshow( "Display window", image );// show our image inside it.
    waitKey(0);// wait for a keystroke in the window
    return 0;

}



Nah, sebelum kalian compile, kalian harus memberi tahu Geany untuk mengikutsertakan library OpenCV yang sudah kalian install sebelumnya ketika membuild program cpp kalian. Caranya adalah klik Set Build Command (klik tombol panah di samping icon batu bata). Di isian Build, tambahkan `pkg-config --libs opencv`.

Compile (F9) dan jalankan (F5) program kalian dan hasilnya akan seperti ini:

OpenCV 2.4.9 di Ubuntu 14.10

Sudah selesai deh,, gampang kn? :)

Sumber



Komentar

Postingan populer dari blog ini

PHP Tutorial - Menjalankan Program .exe "Hello World!" Melalui PHP

Hai semua, saya ingin berbagi ilmu yang saya dapatkan sambil mengerjakan skripsi saya. Pernah tidak, kalian sudah bikin suatu program keren menggunakan bahasa C/C++, tapi kalian harus menjalankannya di SERVER??? Contoh kasus yang membuat Anda melakukan ini apa? Contoh sederhananya membuat Web Service. Di mana operasi perhitungan service yang ditawarkan menggunakan bahasa C/C++. Kalau misal kalian mau bikin make PHP dari awal web servicenya, sebenarnya tidak apa-apa juga, tapi kalau misalkan sudah ada program C/C++-nya, mending make yang sudah ada daripada buat dari awal lagi kan??? :)

Android Tutorial - Membuat Rounded Corner Edit Text

Kali ini saya ingin menmposting tentang bagaimana caranya membuat rounded corner EditText (EditText dengan sudut membulat) di Android. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

Android Tutorial - Menambahkan File Gambar ke Image Gallery Emulator Android

Kali ini saya ingin berbagi tentang bagaimana caranya kita bisa memasukkan file (baik itu gambar .jpg, .png, atau musik .mp4, .wav, dll.) tapi tanpa perlu diprogram menggunakan java, cukup lewat Eclipse atau ADTnya saja. Caranya cukup mudah ko.